TUGAS UJIAN SEMESTER GASAL
MESIODOLOGI PENELITIAN
Dosen
Pengampu : Saifudin ,S.Sos,M.Si

DI SUSUN OLEH

SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN DAKWAH/BKI
2014
Sejauh mana sekolah elit
mmempengaruhi dunia seorang anak
A. Latar
belakang
Penelitian
ini diambil langsung didesa kedungsarimulyo RT 05, RW 01 Welahan Jepara bahwa
didalam lingkungan tempat tinggal saya pribadi kebanyakan memilih sekolah yang
mempunyai retabilitastinggi dan baik. Selain itu juga prasarana lengkap, hal
semacam ini terus terjadi dikalangan tempat tinggal saya. Anggapan para orang
tua yang mempunyai anak sekolah ditempat yang elit adalah, menjamin seorang
anak berprestasi atau bias dikatakan punya EQ dunia lebih dari pada anak-anak yang
lain.
Sehingga
mayoritas anak yang bertempat tinggal dilingkungan saya lebih memilih
bersekolah disekolah elit, hal ini pun sudah terjadi dari seorang anak memulai
mengenal PRA s\Sekolah atau memasuki Playgroup, terus dilanjutkan di Paud, TK,
hal ini pun hamper 50% para orang tua memilih menyekolahkan putra-putrinya
disekolah elit.1
Anggapan para orang tua dengan menyekolahkan
anaknya yang dimulai dari prasekolah itu membuat daya fikirnya seorang anak
lebih berkembang dan skilnya lebih tereksplos, selain itu imajinasi serta
kepercayaan dalam diri seorang anak akan lebih baik. Hal semcam itupun tidak
berhenti saja dalam masa anak prasekolah, bahkan berlanjut disekolah dasar
hingga tingkat universitas. Selain itu anggapan yang lain adalah apabila bersosialisasi
dengan masyarakat atau di saat forum tertentu akan lebih mudah, anggapan yang
lainnya adalah masa depan akan cerah atau terjamin. Adapun disini kecerdasan
merupakan salah satu anugrah besar dari Allah kepada manusia dibandingkan
dengan makhluk lainnya. Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus
mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks,
melalui proses berfikir dan belajar secara terus-menerus. Dalam hal ini sudah
sepantasnya anak bersyukur karena berkat kecerdasan yang dimiliki anak hingga
saat ini ternyata masih dapat mempertahankan kelangsungan dan peradaban
hidupnya. Dalam penelitian ini saya menggunakan beberapa teori EQ dan IQ diantarannya
-
Cp chaplin (1975) menyatakan kecerdasan
sebagai kemampuan menghadapi dan menyesuaikan terhadap situasi baru secara
cepat dan efektif
-

|
Menurut ilmuan
berkebangsaan peranas ini, ornag yang cerdas adalah orang yang memliki IQ
diatas rata-rata yakni diatas 100, menurut ukuran yang dibuatnya. Sedangkan
orang yang memiliki IQ diatas 150 disebut jenius .
Menurut
Daniel 50 elemen bahwa IQ bukan satu-atunya jenis kecerdasan yang menentukan
sukses tidaknya seseorang ada kecerdasan lain yang lebih penting yaitu
emosional aqusetiont (kecerdasan emosi)
Tapi
ada juga contoh peldapat Goelmen betapa banyak anak-anak yang selalu mendapat
peningkatan tinggi dan menilai akademik luar biasa pada usia sekolah. Tapi
setelah lulus gagal mengarungi kehidupannya.3
B. Rumusan
Masalah/ Basic Bookh hlm 57
1. Adakah
hubungan antara sekolah elit dan EQ anak….?
2. Bagaimana
pengaruh sekolah elit dengan masa depan anak ….?
C. Tujuan
penelitan
1. Mengetahui
hubungan antara sekolah elit dan EQ Anak
2. Mengetahui
pengaruh sekolah elit dengan masa depan seorang anak
3. Mengetahui
akibat atau dampak dari pengaruh sekolah elit
D. Manfaat
penelitian
1. Untuk
memberhentikkan kebenaran tentang pengaruh sekolah elit terhadap anak
2. Untuk
member tahu kepada para orang tua tentang dampaknya
3. Untuk
membuktikan pengaruh sekolah elit terhadap EQ seorang anak.
![]() |
DAFTAR PUSTAKA
Markam,suprapti
S & Markam,Soemarmo(2003), Pengantar Neouropsikologi, Jakarta :
Fakultas Kedokteran universitas Indonesia.
Gardner,Howar.(1993),
Multiple Intelligences:The Theory in Praktice A Reader, NewYoark : Basic
Books
Musfiroh
Takdiroatun,(2012).Pengembangan kecerdasan majemuk,Jakarta Universitas
Terbuka.
0 komentar:
Posting Komentar