Selasa, 06 Januari 2015

4 Tips atau Cara Melakukan Negoisasi dengan Penjual Rumah

4 Tips atau Cara Melakukan Negoisasi dengan Penjual Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan dan banyak di cari oleh masyarakat saat ini. Semakin banyak jumlah penduduk maka semakin banyak pula jumlah rumah yang dicari.
Rumah terbagi-bagi dalam beberapa macam tipe. Mulai dari tipe 21, 36, 54, 60, 70, 90 dan tipe rumah 120. Semua tipe tersebut digolongkan sesuai dengan luasnya. Ketika anda membeli rumah maka harus bijak dan disesuaikan dengan anggaran yang ada di dalam dompet. Dan saat anda berhadapan dengan penjual rumah untuk melakukan negoisasi maka sebaiknya anda membaca beberapa tips atau cara melakukan negoisasi dengan penjual rumah di bawah ini.
1. Mengetahui harga pasar rumah
Apabila anda sudah menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan anda pastikan pula harga yang ditawarkan penjual rumah sesuai. Sebaiknya anda mengetahui harga pasaran rumah yang sesuai dengan tipe dan ukuran di daerah tersebut. Dan jangan abaikan keadaan rumah dan sekitar agar perencanaan anda membeli rumah tersebut tidak melenceng.
2. Selalu bersikap sabar dan tidak terbawa emosi
Ketika anda memilih rumah anda sebaiknya melihatnya secara subyektif dan obyektif. Jangan terbawa emosi dan bersikap sabar dalam memilih. Apabila anda tergiur dengan bentuk rumah tanpa melakukan negoisasi maka hal tersebut tidak menguntungkan anda, dan hal itu justru akan menguntungkan penjual rumah.
3. Berikan harga penawaran sesuai Cash Flow
Apabila anda melakukan penawaran harga rumah kepada penjual rumah sebaiknya anda perlu menghitung seberapa keuntungan yang anda dapatkan dari penawaran tersebut. Lakukan perbandingan pada harga pasar, harga penurunan dan hingga harga transaksi. Jika anda sudah melakukan dan menghitung perbandingan tersebut maka anda bisa memperkirakan potensi Cash Back yang bisa anda peroleh. Setelah memperkirakan Cash Back yang didapat maka hitung pula potensi Cash Flow. Hasil dari perhitungan semua itu maka bisa ditetapkan harga penawaran yang layak pada penjual rumah.
4. Menetapkan batas maksimal dari penawaran
Seorang pembeli rumah biasanya sudah mempersiapkan segalanya sebelum proses negoisasi. Sehingga ketika melakukan proses negoisasi maka anda sudah bisa memberikan batas maksimal harga dari penawaran. Apabila penjual rumah tidak bisa menerima harga maksimal penawaran yang anda ajukan, sebaiknya anda menghentikan negoisasi dan tidak membuang waktu anda percuma.
Begitulah beberapa cara atau tips ketika anda hendak membeli suatu rumah dan melakukan negoisasi dengan penjual rumah. Jangan mudah terpengaruh dengan apa yang dikatakan penjual rumah. Selalu dengarkan masukan dan informasi yang terpercaya tentang rumah tersebut dari hasil survey yang anda lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar