Senin, 22 Desember 2014

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DAKWAH BUKU



KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DAKWAH BUKU

Disusun Guna Memenuhi Tugas Akhir Semester
Mata Kuliah:  Tafsir
Dosen Pengampu: Ahmad Zaini, Lc., MC




 







                        



                                                      Disusun Oleh :     

Laila Istikharoh           1340110042
Anik Nur afidah          1340110049
Siti Mahmudah           1340110046
Khusnul Izazi              1340110052

 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM / BKI
TAHUN 2014

BERDAKWAH MENGGUNAKAN BUKU
Para ulama salaf telah mempergunakan media buku sebagai media dakwah yang efektif. Bahkan buku-buku dapat bertahan lama, dan menjangkau masyarakat secara luas menembus ruang dan waktu. Para da’i atau ulama penulis cukup banyak yang telah mengabadikan namanya dengan menulis dan mengarang buku sebagai kegiatan dakwahnya. Seperti halnya Imam Al-Ghazali menulis Ihya’ ‘Ulumuddin, Imam Nawawi menulis Riyadh Ash-Shalihin, dan lain-lain.kelebihan buku itu : mudah disentuh, sumber referensi terpercaya, dan hemat, buku pun dapat memberikan ilmu bagi yng mmbacanya..

kekurangan : mudah rusak, memerlukan tempat khusus, memerlukan perwtan khusus,
kelebihannya dapat digunakan sebagai acuan kekuranganya terkadang buku susah dicari init sarinya
1.      Lebih Simpel
E-book dinilai lebih simpel untuk dibawa dan disimpan, ketimbang buku cetak. Dengan format e-book, Anda tak butuh lagi tas besar untuk membawa beberapa buku atau rak buku berderet-deret untuk menyimpan koleksi buku Anda. Anda hanya butuh e-book readers untuk membawa atau menyimpan buku-buku Anda.
2.      Lebih Murah
E-book tergolong jauh lebih murah ketimbang buku cetak. Konon, harga satu buku versi e-book diperkirakan akan 30 % lebih murah ketimbang versi cetaknya. Bahkan, begitu banyak koleksi e-book yang bisa Anda download gratis.
3.      Lebih Tahan Lama dan Abadi
E-book adalah buku yang tahan lama atau bahkan abadi (everlasting). Ia tak akan mudah rusak dimakan usia. Berbeda dengan buku cetak yang makin lama akan makin menguning dan rusak.


4.      Lebih Mudah Didapat
E-book lebih mudah untuk dicari dan didapatkan. Untuk mendapatkan buku cetak yang dijual di Amerika sangat repot tentunya. Anda harus membelinya ke sana atau membeli dari sini dan kemudian dikirim via jasa pengiriman yang tentunya akan memakan waktu lama. Tapi, jika buku itu telah tersedia versi e-book, Anda bisa mendapatkannya dalam jangka waktu beberapa menit dengan hanya men-download-nya.
5.      Tersedia Dalam Banyak Pilihan Bahasa
E-book juga biasanya tersedia dalam beberapa bahasa, jadi akan sangat memudahkan pengguna dari berbagai negara untuk membacanya
Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Buku adalah guru terbaik karena    buku akan memberikan semua isinya kepada pembacanya. Buku tak pernah marah meskipun dibanting, bahkan dibakar pemiliknya. Namun, sungguh teramat disayangkan jika buku hanya tersimpan rapi dan utuh di lemari tanpa disentuh oleh pemiliknya. Semata karena keengganan membaca, apalagi belajar menulisnya. Kalimat-kalimat itulah yang sering saya sampaikan kepada hadirin kegiatan kepenulisan di manapun berada.
Selain itu berdakwah dengan menggunakan buku ada kelemahan khususnya bagi masyarakat yang menengah ke bawah dakwah dengan buku sangat sulit di serap oleh mad,unya,selain itu dalam masarakat menengah ke bawah lebih senag berdakwah dengan ceramah ,karena mudah di jangkau timbang dengan buku ,karena untuk membeli buku sulit bagi mereka yang ekonominya pas,pasan selain itu bahasa yang sulit di pahami bagi mereka yang menengah ke bawah.tapi kalau bagi masarakat yang menegah ke atas  dakwah dengan buku cukup efektif karena faktor kesibukan yang mempengaruhi mereka sehingga sangat jarang untuk mendapatkan ceramah .apabila dengan buku sangat efektif bagi mereka khususnya para pekerja kantor yang sambil bekerja di waktu senggangnya bisa membaca buku yang berisi nasehat tentang agama ataupun hadist ataupun tentang tafsir . sehingga walaupun bekerja tetap mendapat siraman rohani dalam diri mereka . selain itu dakwah dengan buku mengefektifkan waktu yang semaksimal mungkin. 
Dan mempersingkat waktu ,selain itu meminize waktu yang semaksimal mungkin .karena bagi masarakat yang metropolitan .selain itu dakwah dengan buku sangat tepat bagi masarakat  yang tinggal di perumahan karena dalam perumahan bersifat individualisme.atau bisa di katakan bersifat sendiri-sendiri. Sehingga buku lebih tepat untuk metodenya ,selain itu tingkat femahaman mereka yang tinggi serta tingkat pendidikan per setiap orangnya berbeda .sehingga dalan dakwah dengan buku lebih tepat,dan sesuai dengan karakternya,yang di dalam buku lebih main kata-kata timbang dengan mauidah khasanah .karena pada dasarnya dakwah dengan apa saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ,dan pada dasarnya suatu dakwah sukses tidaknya tergantung pada da.i dan mad,unya.selain itu metode dan materi .yang menjadi tolak ukur suatu dakwah ,adapun media hanyalah sebagai sarana untuk menunjang keberhasilan suatu dakwah .seperti media cetak dan elektronik,dan buku termasuk dalam hal media dakwah media cetak ,seperti buku,

kesimpulan

Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa dakwah dengan buku mempunyai kelebihan di antaranya adalah mudah di dapat ,lebih simpel ,lebih murah ,tahan lama abadi ,mudah di dapat ,tersedia dalam banyak pilihan pilihan bahasa ,adapun kekurangan adalah mudah rusak memerlukan tempat khusus ,susah di cari intisarinya, selain itu bahasa yang tidak mudah di pahami ,itulah penjelasan tentang kelebihan dakwah dengan buku.

0 komentar:

Posting Komentar