Senin, 29 Desember 2014

TUGAS UJIAN SEMESTER GASAL MESIODOLOGI PENELITIAN



TUGAS UJIAN SEMESTER GASAL
MESIODOLOGI  PENELITIAN
Dosen Pengampu : Saifudin ,S.Sos,M.Si











DI SUSUN OLEH

 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN DAKWAH/BKI
2014

Sejauh mana sekolah elit mmempengaruhi dunia seorang anak
A.    Latar belakang
Penelitian ini diambil langsung didesa kedungsarimulyo RT 05, RW 01 Welahan Jepara bahwa didalam lingkungan tempat tinggal saya pribadi kebanyakan memilih sekolah yang mempunyai retabilitastinggi dan baik. Selain itu juga prasarana lengkap, hal semacam ini terus terjadi dikalangan tempat tinggal saya. Anggapan para orang tua yang mempunyai anak sekolah ditempat yang elit adalah, menjamin seorang anak berprestasi atau bias dikatakan punya EQ dunia lebih dari pada anak-anak yang lain.
Sehingga mayoritas anak yang bertempat tinggal dilingkungan saya lebih memilih bersekolah disekolah elit, hal ini pun sudah terjadi dari seorang anak memulai mengenal PRA s\Sekolah atau memasuki Playgroup, terus dilanjutkan di Paud, TK, hal ini pun hamper 50% para orang tua memilih menyekolahkan putra-putrinya disekolah elit.1
 Anggapan para orang tua dengan menyekolahkan anaknya yang dimulai dari prasekolah itu membuat daya fikirnya seorang anak lebih berkembang dan skilnya lebih tereksplos, selain itu imajinasi serta kepercayaan dalam diri seorang anak akan lebih baik. Hal semcam itupun tidak berhenti saja dalam masa anak prasekolah, bahkan berlanjut disekolah dasar hingga tingkat universitas. Selain itu anggapan yang lain adalah apabila bersosialisasi dengan masyarakat atau di saat forum tertentu akan lebih mudah, anggapan yang lainnya adalah masa depan akan cerah atau terjamin. Adapun disini kecerdasan merupakan salah satu anugrah besar dari Allah kepada manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berfikir dan belajar secara terus-menerus. Dalam hal ini sudah sepantasnya anak bersyukur karena berkat kecerdasan yang dimiliki anak hingga saat ini ternyata masih dapat mempertahankan kelangsungan dan peradaban hidupnya. Dalam penelitian ini saya menggunakan beberapa teori EQ dan  IQ diantarannya
-          Cp chaplin (1975) menyatakan kecerdasan sebagai kemampuan menghadapi dan menyesuaikan terhadap situasi baru secara cepat dan efektif
-         
Markam,suprapti S & Markam,Soemarmo(2003), Pengantar Neouropsikologi, Jakarta : Fakultas Kedokteran universitas Indonesia   .
hal 12

 
Menurut Daniel Golemen dalam bukunya Emotional Intelligence (1994) menyatakan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya sekitar 20% dan sisanya 80% ditentukan oleh serumpun factor-faktor yang disebut  kecerdasan emosional. Dari nama tehnis itu ada yang berpendapat bahwa kalau IQ mengangkat fungsi pikiran EQ mengangkat fungsi perasaan. Orang yang ber EQ tinggi akan berupaya menciptakan keseimbangan dalam dirinya, bisa mengusahkan kebahagiaan dalam dirinya sendiri dan bisa mengubah sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat.2
Menurut ilmuan berkebangsaan peranas ini, ornag yang cerdas adalah orang yang memliki IQ diatas rata-rata yakni diatas 100, menurut ukuran yang dibuatnya. Sedangkan orang yang memiliki IQ diatas 150 disebut jenius .
Menurut Daniel 50 elemen bahwa IQ bukan satu-atunya jenis kecerdasan yang menentukan sukses tidaknya seseorang ada kecerdasan lain yang lebih penting yaitu emosional aqusetiont (kecerdasan emosi)
Tapi ada juga contoh peldapat Goelmen betapa banyak anak-anak yang selalu mendapat peningkatan tinggi dan menilai akademik luar biasa pada usia sekolah. Tapi setelah lulus gagal mengarungi kehidupannya.3  
B.     Rumusan Masalah/ Basic Bookh hlm 57
1.      Adakah hubungan antara sekolah elit dan EQ anak….?
2.      Bagaimana pengaruh sekolah elit dengan masa depan anak ….?
C.     Tujuan penelitan
1.      Mengetahui hubungan antara sekolah elit dan EQ Anak
2.      Mengetahui pengaruh sekolah elit dengan masa depan seorang anak
3.      Mengetahui akibat atau dampak dari pengaruh sekolah elit
D.    Manfaat penelitian
1.      Untuk memberhentikkan kebenaran tentang pengaruh sekolah elit terhadap anak
2.      Untuk member tahu kepada para orang tua tentang dampaknya
3.      Untuk membuktikan pengaruh sekolah elit terhadap EQ seorang anak.








 
DAFTAR PUSTAKA
Markam,suprapti S & Markam,Soemarmo(2003), Pengantar Neouropsikologi, Jakarta : Fakultas Kedokteran universitas Indonesia.
Gardner,Howar.(1993), Multiple Intelligences:The Theory in Praktice A Reader, NewYoark : Basic Books
Musfiroh Takdiroatun,(2012).Pengembangan kecerdasan majemuk,Jakarta Universitas Terbuka.






0 komentar:

Posting Komentar